14 Agustus 2009

Sejarah

Perkembangan jalan di Indonesia sebelum masa kolonialisasi Belanda tidak banyak ditemukan catatannya. Barangkali, Jalan Daendels, merupakan proyek jalan pertama di Indonesia yang cukup banyak informasinya. Namun demikian, juga banyak informasi dan hal yang perlu ditelaah lebih lanjut karena hanya berdasar dari dokumen-dokumen yang tersimpan di Belanda.

Pembangunan Jalan Daendels di Pantura Pulau Jawa

Herman Willem Daendels adalah seorang Gubernur-Jendral Hindia-Belanda yang ke-36. Ia memerintah antara tahun 1808 – 1811. Pada masa itu Belanda sedang dikuasai oleh Perancis. Pada masa jabatannya ia membangun jalan raya pada tahun 1808 dari Anyer hingga Panarukan. Sebagian dari jalan ini sekarang menjadi Jalur Pantura (Pantai Utara) yang membentang sepanjang pantai utara Pulau Jawa. Pembangunan jalan ini adalah proyek monumental namun dibayar dengan banyak pelanggaran hak-hak asasi manusia karena dikerjakan secara paksa tanpa imbalan pantas.
Manfaat yang diperoleh dari jalan ini adalah sebagai jalan pertahanan militer. Selain itu dari segi ekonomi guna menunjang tanam paksa (cultuur stelsel) hasil produk kopi dari pedalaman Priangan semakin banyak yang diangkut ke pelabuhan Cirebon dan Indramayu padahal sebelumnya tidak terjadi dan produk itu membusuk di gudang-gudang kopi Sumedang, Limbangan, Cisarua, dan Sukabumi. Selain itu, dengan adanya jalan ini perjalanan darat Surabaya-Batavia yang sebelumnya ditempuh 40 hari bisa dipersingkat menjadi tujuh hari. Ini sangat bermanfaat bagi pengiriman surat yang oleh Daendels kemudian dikelola dalam dinas pos.

3 komentar:

gema_gogo 22 Agt 2009 20.51.00  

Memang dengan di bangunnya jalan Pantura itu, membuat pulau jawa lebih mudah di akses.
Tetapi sangat disesalkan dengan adanya pemaksaan yang membuat para pekerja pembangunan jalan Pantura menjadi sengsara...

Tuan Raja 28 Agt 2009 09.02.00  

Artikel bagus untuk sejarah perlu diketahui oleh masyarakat awal mula dibuatnya jalan pantura. Salam sejarah..! kawan....

alkatro 9 Sep 2009 17.39.00  

lam kenal, saya suka baca artikel2 sjrh dan wayang, nice post.. met buka puasa mas.. :)

Pengikut

Mengenai Saya

Foto saya
Jember, Jawa Timur, Indonesia
Ada kesalahan di dalam gadget ini

Direktori

Literature 

Blogs Top Global Site Books & 

Literature Blogs - Blog Rankings blogarama - the blog directory My Ping in TotalPing.com

Search Engine Optimization and SEO Tools

Award


Masukkan Code ini K1-516AA4-2
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com

About This Blog

Blog ini awalnya hanya sebatas untuk mengumpulkan referensi aspal, namun di karenakan saran dari beberapa temen akhirnya blog ini aku isi dengan beberapa artikel tentang seputar dunia pendidikan yang sumbernya aku ambil dari beberapa media.

Namun tujuan utama dari blog ini masih tetap tentang pengujian-pengujian dasar bahan perkerasan jalan, yang nantinya akan bertambah meskipun tidak sempurna.

Dan untuk menambah kesan agar pengunjung tidak jenuh untuk membacanya sengaja aku hiasi blog ini dengan hiasan bunga dan burung yang sripnya aku ambil dari "cantik" (untuk cantik makasih skripnya sangat membantu bagi aku yang pemula ini).

Ya begitulah blog ini jadi, untuk yang lain selamat berkarya, jaya selalu saudaraku...

  © Free Blogger Templates Spain by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP