14 Agustus 2009

Ductilitas

Pengujian duktilitas dibutuhkan untuk mengetahui sifat kohesi dan plastisitas aspal. Pemeriksaan ini dilakukan untuk mengetahui nilai panjang contoh aspal ketika putus pada saat dilakukan penarikan dengan kecepatan 5 cm/menit. Lihat disini (link referensi).

Alat Pengujian

1. Satu set alat duktilitas,

2. Stopwatch,

3. Mold daktilitas

4. Bak perendam (Water Bath)

5. Thermometer

Benda Uji

1. Benda uji berupa aspal dingin yang dipanaskan sampai suhu ± 110oC,

2. Cairan Gliserin.

Prosedur Pengujian

a. Ambil 3 buah mold duktilitas yang terbuat dari bahan anti karat, kemudian isi sampai penuh dengan aspal yang sudah dipanaskan. Diamkan sampai dingin.

b. Isi alat duktilitas dengan air sampai batas yang ditentukan, kemudian tambahkan cairan gliserin agar berat jenis air mendekati berat jenis aspal.

c. Setelah benda uji dingin masukkan kedalam bak perendam selama ± 30 menit, dan hidupkan mesin daktilitas agar sirkulasi air berjalan normal.

d. Keluarkan benda uji dari mold dan letakkan ke alat penarik yang ada di dalam air dengan jarak dari bawah dan atas air ± 2,5 cm.

e. Atur suhu ruang dalam kondisi konstan, kemudian tekan tombol start untuk menarik benda uji secara bersamaan.

f. Pengujian dinyatakan selesai setelah benda uji putus, terapung ke permukaan air, atau menyentuh dasar alat duktilitas.

g. Catat jarak selama benda uji mulai ditarik sampai selesai.

Pengikut

Mengenai Saya

Foto saya
Jember, Jawa Timur, Indonesia
Ada kesalahan di dalam gadget ini

Direktori

Literature 

Blogs Top Global Site Books & 

Literature Blogs - Blog Rankings blogarama - the blog directory My Ping in TotalPing.com

Search Engine Optimization and SEO Tools

Award


Masukkan Code ini K1-516AA4-2
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com

About This Blog

Blog ini awalnya hanya sebatas untuk mengumpulkan referensi aspal, namun di karenakan saran dari beberapa temen akhirnya blog ini aku isi dengan beberapa artikel tentang seputar dunia pendidikan yang sumbernya aku ambil dari beberapa media.

Namun tujuan utama dari blog ini masih tetap tentang pengujian-pengujian dasar bahan perkerasan jalan, yang nantinya akan bertambah meskipun tidak sempurna.

Dan untuk menambah kesan agar pengunjung tidak jenuh untuk membacanya sengaja aku hiasi blog ini dengan hiasan bunga dan burung yang sripnya aku ambil dari "cantik" (untuk cantik makasih skripnya sangat membantu bagi aku yang pemula ini).

Ya begitulah blog ini jadi, untuk yang lain selamat berkarya, jaya selalu saudaraku...

  © Free Blogger Templates Spain by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP